Potensi di Desa Karanganyar (Produksi Batu Bata)

Tahukah Kamu ?

Terdapat potensi tersembunyi di Karanganyar yang tak banyak orang yang tahu, Potensi sendiri ialah kemampuan yang telah dimiliki oleh manusia yang akan dikembangkan menjadi lebih baik. Potensi di Ds. Karanganyar Kec. Klabang sendiri salah satu nya ialah pengerajin batu bata, sejak tahun 2000 Pak Sabar Sulas telah menggeluti kegiatan ini tak mudah untuk menjalinya selama 18 tahun terakhir, pasang surut pasti. Usaha ini telah berkembang sampai desa sebelah seperti daerah blimbing maupun desa lainnya.
Produksi batu bata

Produksi batu bata

Seputar Usaha Batu Bata oleh Pak Sabar!!!
Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat batu bata adalah tanah liat, air, ampas padi (sekam) dan abu hitam. Bahan-bahan tadi kemudian diaduk menggunakan cangkul hingga tercampur dengan sempurna, semua campuran tadi memiliki perbandingan yang sudah ditentukan, apabila adonan pembuatan batu bata terlalu banyak ampas padinya maka akan terlalu empuk, jika terlalu banyak tanah liatnya maka batu bata akan mudah pecah. Kemudian bahan yang sudah diaduk tadi di cetak dengan menggunakan mesin cetak atau cetakan yang sudah tersedia dengan ukuran 6cm x 10c x 20cm. Setelah melalui proses pencetakan kemudian batu bata tersebut disusun rapi sesuai kapasitas tempat yang telah disediakan, penyusunan batu bata tersebut dimaksudkan untuk memudahkan proses penjemuran agar batu batanya kering dengan sempurna dan merata, proses pengeringan dilakukan selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, hal ini dilakukan dengan tujuan agar batu bata tidak mudah patah. Setelah dirasa kering sempurna kemudian batu bata tersebut dipindahkan ketempat pembakaran yang sudah disiapkan, proses pembakaran ini dimaksudkan agar kualitas batu batanya semakin baik dan mendapatkan batu bata dengan hasil yang sempurna. Proses pembakaran ini dilakukan selama dua hari, jika batu bata sudah terlihat kemerahan itu artinya batu batanya sudah lebih kuat dan siap untuk diangkat dan tempat pembakaran dan dipindahkan ketempat penyimpanan yang juga sekaligus mendinginkan suhu batu bata tersebut. Disini pak sabar membakar batu bata selama satu bulan sekali agar lebih efektif.

Untuk proses jual beli batu bata tersebut, Pak Sabar membuat suatu perjanjian dengan pembeli terlebih dahulu, mulai dari negosiasi harga batu batanya, dimana dan kapan batu bata akan dikirim dan sebagainya. Disini pak Sabar memang tidak menyediakan transportasi untuk mengantarkan batu batanya kepada pelanggan, pak Sabar lebih menyerahkan urusan transportasinya kepada pelanggan mulai dari pengambilan batu bata ditempat pembuatan hingga pengiriman batu bata ke tempat pelanggan. Sedangkan mengenai karyawan selama menjalankan usaha produksi batu bata tersebut, pak Sabar memang tidak memperkerjakan satupun orang sebagai karyawan tetapnya. Hal ini dikarenakan dari pengalamannya yang dulu, dimana beliau sudah sering kali ditipu oleh beberapa karyawannya. Dan kini beliau hanya bekerja seorang diri dan terkadang dibantu oleh istrinya jika memang istrinya memiliki waktu luang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *