Kepedulian terhadap Masa Depan Remaja

Kelas remaja ialah kegiatan remaja yang diselenggarakan oleh tim kesehatan desa Karananyar yang kerja sama dengan Puskesmas Klabang. Kelas remaja diadakan setahun dua kali di kantor desa dan minimal 10 remaja yang mengikuti kegiatan tersebut. Remaja yang mengikuti kegiatan mulai dari SMP kelas 1 sampai SMA kelas 3. Setiap pertemuan membahas topik yang berbeda. Pada kegiatan ini, diharapkan remaja dapat hidup sehat dan menjauhi hal – hal yang berdampak negatif.

 

Tahun ini kelas remaja diadakan satu kali yaitu pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2018. Remaja antusias dalam mengikuti kelas remaja. Mereka memperhatikan dengan seksama materi yang disampaikan oleh pemateri. Materi yang disampaikan yaitu rokok, narkoba, anemia dan seks bebas. Dari materi yang disampaikan, remaja dapat mengetahui bahan kimia yang terkadung pada sebatang rokok. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada rokok adalah nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, methanol, asetilena, amonia, formadehida, hidrogen sianida, arsenik dan karbon monoksida. Bahan tersebut dapat menimbulkan beberapa gangguan pada kesehatan, seperti gangguan pernapasan, batuk kering, paru-paru, serangan jantung dan lain-lain.

kelas remaja
Kelas Remaja Desa Karanganyar

Narkoba atau narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis atau semi sintetis yang dapat menyebabkan perubahan kesadaran. Anemia adalah kondisi tubuh yang memiliki jumladarah merah sedikit. Seseorang yang mengalami anemia cenderug merasa lemas dan cepat lelah. Seks bebas ialah persetubuhan di luar nikah atau hubungan seksual melalui protitusi. Semua remaja aktif bertanya tentang bahayanya olahraga saat mentruasi, boleh tidaknya meminum minuman bersoda saat mentruasi, dampak dari merokok dan lain – lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *